STUDI
LAPANGAN SOSIOLOGI
A.
LATAR BELAKANG
Masyarakat
Pantai Baron sebagai masyarakat nelayan sudah berlangsung selama empat dekade
setelah wilayahnya banyak didatangi oleh nelayan-nelayan dari wilayah lain,
misalnya nelayan dari Cilacap. Dengan
demikian, sebagai masyarakat yang bermata
pencahrian sebagai nelayan, keteraturan sosial yang
sudah terbentuk layak untuk diamati . Dengan
studi lapangan ini, diharapkan siswa dapat memahami perilaku keteraturan hidup
sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
Selain
itu, studi lapangan sosiologi ini adalah sebagai alternatif pembelajaran untuk memberikan wawasan agar
siswa dapat lebih memahami teori yang sudah diterima di kelas setelah mengadakan
pengamatan pada masyarakat nelayan
Pantai Baron.Dengan pengalaman belajar ini
bertujua melatih siswa untuk bekerja dalam kelompok
sehingga tumbuh motivasi belajar dan berkembang sikap-sikap yang dibutuhkan
dalam belajar dalam kelompok.
B. TUJUAN
UMUM:
1.
Memberikan
pengalaman belajar yang baru pada siswa
2.
Melakukan
pengamatan observasi dan wawancara kepada masayarakat dan menyimpulkannya
3. Memberi alternatif methode
pembelajaran di luar kelas.
C.
HASIL YANG DIHARAPKAN:
1.
Menambah
wawasan pengetahuan dan membuktikan
teori-teori yang sudah dipeoleh di kelas kepada para siswa.
2. Menumbuhkan motivasi belajar
D.
PRINSIP STUDI SOSIOLOGI:
Ciri-ciri
Sosiologi sebagi ilmu pengetahuan ada empat, yakni: teoritis, empiris, komulatif dan non-etis.Sehubungan
dengan studi lapangan ini, siswa harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip
pembelajaran sosiologi sesuai ciri-ciri tersebut. Prinsip-prinsip itui adalah:
1. Obyektif karena teori sosiologi salah satunya
dibangun dari obyektivitas.
2. Empiris, berdasar pada kenyataan atau realita
yang nampak, dan
3. Komultaif, berdasar dari teori yang sudah ada dan
disempurnakan dan diperluas.
4. Non-etis, tidak menilai baik-buruknya fakta
yang diamati.
Artinya , selain membekali diri
dengan informasi tertulis yang bisa dicari sendiri mengenai kehidupan
masyarakat nelayan, siswa harus melakukan pengamatan langsung dan bertanya .Namun siswa harus bisa menjaga sikap dan kata-katanya saat
mennggali informasi mengenai nilai dan norma, atau adat istiadat yang mungkin
tidak sesuai dengan nilai-nilai agama kita.Agar tidak menyinggung perasaan nara
sumber sehingga siswa dapat menggali informasi yang luas dan mendalam.
E.
MEKANISME:
Pengamatan dan wawancara
dibagi dalam dua kelompok yakni pada masyarakat nelayan dan Koperasi Mina
Samudra di tempat pelelangan ikan (TPI_)
I.
MASYARAKAT NELAYAN PANTAI BARON
KD:
Mendeskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam
masyarakat
INDIKATOR:
· Menguraikan
tentang pengertian nilai yang berlaku di masyarakat
·
Menjelaskan pengertian
norma, jenis-jenis dan ciri-cirinya beserta hubungannya
dalam
masyarakat
·
Mengidentifikasi
hubungan antara nilai dan norma yang saling berkaitan dalam masyarakat
·
Menguraikan proses
sosial dan
hubungan
sosial yang dinamis antara
a. orang perorangan
b. perorangan dengan kelompok
c. kelompok dengan kelompok
TUJUAN
KHUSUS:
1. Agar siswa mengetahui keteraturan sosial pada
masyarakat nelayan Pantai Baron.
2.
Agar
siswa menggali informasi seperti apakah nilai-nilai sosial serta norma social yang ada pada masyarakat
nelayan,sehingga menjadi pola yang terus diulang, dan tercipta keteraturans
osial.
PERTANYAAN:
1) Bagaimana proses nelayan melaut?Tolong
diceritakan kapan waktunya, dan seperti apa kegiatannya.
2)
Tolong
diceritakan tata cara nelayan kalau akan dan selama melaut serta
sekembalinya dari laut?
3)
Adakah
aturan-aturan yang harus dipatuhi bagi nelayan ?Apakah itu?
4)
Apa
sanksinya kalau melanggar?Berani atau takut melanggar?
5)
Apakah
nelayan masih melakukan tradisi-tradisi tertentu sebagai warga nelayan?Tolong
diceritakan apakah itu?(Misal “Sedekah laut”).Tolong ceritakan seperti apa
gambarannya, kapandan bagimana.
6)
Apakah
nelayan sangat patuh menjalankannya?Bagaimana kalau ada yang tidak menjalankan?
7)
Apakah
ada sanksinya jika melanggar?
8)
Apakah
pernah ada yang melanggar,
9)
Apakah
nelayan dalam menjalankan profesinya tergabung dalam kelompok? Tolong
diceritakan
10) Apa manfaat yang didapat dari bergabung dalam kelompok?
(
Pertanyaan bisa dikembangkan sendiri oleh siswa)
II, PERANAN KOPERASI MINA
SEBAGAI LEMBAGA SOSIAL YANG MENGATUR INTERAKSI SOSIAL WARGA NELAYAN MEMENUHI
KEBUTUHANNYA
KD:
Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan
pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
INDIKATOR:
·
Menjelaskan
fenomena interaksi sosial dengan dinamika kehidupan social
·
Membuat
laporan tentang hubungan interaksi sosial dengan status
Sosial
TUJUAN
KHUSUS:
1. Agar siswa menggali informasi preranan
Koperasi dalam mengatur interaksi anggota .
2. Agar siswa mengetahui manfaat koperasi bagi
nelayan
PERTANYAAN::
1. Apakah setiap nelayan di Pantai Baron menjadi
anggota Koperasi?
2.
Apakah
hak dan kewajiban anggota?
3.
Bagaiamanakah
hubungan antara anggota dan Pengurus
Koperasi?
4.
Manfaat
apa yang didapat sebagai anggota Koperasi?
5.
Kesulitan
apa yang dirasakan sebagai nelayan? Kepada siapa nelayan mengeluh dan mengadu?
6. Apakah Koperasi mampu menyelesaikan masalah ekonomi
nelayan?
( Pertanyaan bisa
dikembangkan sendiri oleh siswa)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar